Kumpulan Makalah, Artikel, Musik, Tutorial, Ilmu Pendidikan, Hukum, Kewarganegaraan dan sebagainya.

Thursday, 30 June 2016

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN

Makalah  " Tugas-tugas Perkembangan"

permisi gan numpang lewat ni ada makalah dengan judul Tugas-tugas Perkembangan silakan diambil untuk cover, kata pengantar dan daftar isi buat sendiri ya gan :-) udah langsung aja ni makalahnya


MAKALAH TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
 Dalam Elizabeth B. Hurlock (1978) tugas perkembangan yaitu belajar menyesuaikan diri terhadap pola - pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita - cita yang tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai belajar memantapkan identitas diri dan Menurut Havighurst (1953). Mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dipenuhi. Secara garis besar Havighurst menengaskan bahwa tugas-tugas perkembangan yang dilakukan seseorang pada masa kehidupan tertentu adalah disesuaikan dengan norma-norma sosial serta norma-norma kebudayaan.Tugas-tugas perkembangan dituntut adanya korelasi antara potensi diri dan pendidikan yang diterima nak, serta norma-norma sosial budaya yang ada.
Beberapa tugas perkembangan yang dilakukan oleh individu muncul sebagai akibat dari kematangan fisik, misalnya berjalan, melompat, lari, dan sebagian lain berkembang dari adanya tekanan- tekanan dari budaya dan masyarakat, seperti belajar membaca, dan sebagian lainnya karena adanya nilai- nilai dan aspirasi individu, seperti memilih dan mempersiapkan pekerjaan. Namun pada umumnya kemunculan tugas- tugas perkembangan itu disebabkan oleh adanya ketiga kekuatan tersebut secara serempak.Pada manusia perkembangan fisik dan mental setiap kali mencapai kematangan terjadi pada waktu dan tempo yang berbeda. Ada yang cepat dan ada yang lambat. Setiap individu yang normal akan mengalami tahapan atau fase perkembangan, hal ini berarti bahwa dalam menjalani hidupnya yang normal dan berusia panjang individu akan mengalami fase-fase perkembangan : bayi, kanak-kanak, anak, remaja, dewasa.
2.1    Rumusan Masalah
a.       Bagaimana Tugas-Tugas Perkembangan Menurut Para Ahli
b.      Bagaimana Sumber Faktor-Faktor  Perkembangan
c.       Bagaimana Tugas-Tugas Perkembangan Pada Setiap Fase Perkembangan
d.      Apa Sajakah Aplikasi Tugas Perkembangan






          1
3.1    Tujuan
a.       Untuk Mengetahui Tugas-Tugas Perkembangan Menurut Para Ahli
b.      Untuk Mengetahui Sumber Faktor-Faktor Perkembangan
c.       Untuk Mengetahui Tugas-Tugas Perkembangan Pada Setiap Fase Perkembangan
d.      Untuk Mengetahui Aplikasi Tugas Perkembangan
   



















2
BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan Menurut Para Ahli
Tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu; dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan.

Menurut para ahli seperti : 
1.      Elizabeth B. Hurlock (1978) tugas perkembangan yaitu belajar menyesuaikan diri terhadap pola - pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita - cita yang tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai belajar memantapkan identitas diri.
2.      Teori dorongan (motivasi) dikemukakan Morgan (1984), bahwa segenap tingkah laku distimulir dari dalam. Bahwa motivasi adalah merupakan dorongan keinginan sekaligus sebagai sumberdaya penggerak melakukan sesuatu yang berasal dari dalam dirinya.
3.      Teori dinamisme mengatakan bahwa di dalam organisme yang hidup itu selalu ada usaha yang positif ia akan selalu mencari pengalaman-pengalaman baru.
4.      Kartono (1992) berpendapat bahwa ekstensi anak dipastikan oleh adanya : a) Segenap kualitas hereditas; b) Pengalaman masa lampau dan masa sekarang, dalam suatu lingkungan sosial tertentu dan sebagai produk proses belajar secara kontinyu.
5.      Havighurst (1953). Mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dipenuhi. Secara garis besar Havighurst menengaskan bahwa tugas-tugas perkembangan yang dilakukan seseorang pada masa kehidupan tertentu adalah disesuaikan dengan norma-norma sosial serta norma-norma kebudayaan.Tugas-tugas perkembangan dituntut adanya korelasi antara potensi diri dan pendidikan yang diterima nak, serta norma-norma sosial budaya yang ada.



3

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan :
1.      Faktor genetik yaitu meliputi faktor keturunan yang bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan. Bentuknya bias menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen.
Sehingga diharapkan potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.
2.      Faktor eksternal / lingkungan juga mempunyai peranan yang besar yaitu empengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan. Faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya.

2.2  Sumber Faktor-Faktor Perkembangan
1.    Kematangan fisik, misalnya (a) belajar berjalan karena kematangan otot-otot kaki; (b) belajar bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang bebeda pada masa remaja karena kematangan organ-organ seksual.
2.    Tuntutan masyarakat secara kultural, misalnya (a) belajar membaca; (b) belajar menulis; (c) belajar berhitung; (d) belajar berorganisasi.
3.    Tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri, misalnya (a) memilih pekerjaan; (b) memilih teman hidup.
4.    Tuntutan norma-norma agama, misalnya (a) taat beribadah kepada Allah SWT; (b) barbuat baik kepada sesama manusia.

2.3     Tugas-Tugas Perkembangan Pada Setiap Fase Perkembangan
1. Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Bayi Dan Kanak-Kanak (0,0-6,0) :
a)   Belajar berjalan. Belajar berjalan terjadi pada usia antara 9 sampai 15 bulan, pada usia ini  tulang kaki, otot dan susunan syarafnya telah matang untuk belajar berjalan.
b)  Belajar memakan makanan padat . Hal ini terjadi pada tahun kedua, sistem alat-alat pencernaan makanan dan alat-alat pengunyah pada mulut telah matang untuk hal tersebut.

4
c)   Belajar berbicara, yaitu mengeluarkan suara yang berarti dan menyampaikannya kepada orang lain dengan perantaraan suara itu. Untuk itu, diperlukan kematangan otot-otot dan syaraf dari alat-alat bicara.
d)  Belajar buang air kecil dan buang air besar. Tugas ini dilakukan pada tempat dan waktu yang sesuai dengan norma masyarakat. Sebelum usia 4 tahun, anak pada umumnya belum dapat mengatasi (menahan) ngompol karena perkembangan syaraf yang mengatur pembuangan belum sempurna. Untuk memberikan pendidikan kebersihan terhadap anak usia di bawah 4 tahun, cukup dengan pembiasaan saja, yaitu setiap kali mau buang air, bawalah anak ke WC tanpa banyak memberikan penerangan kepadanya.
e)   Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
Melalui observasi (pengamatan) anak dapat melihat tingkah laku, bentuk fisik dan pakaian yang berbeda antara jenis kelamin yang satu dengan yang lainnya.
Dengan cara tersebut, anak dapat menganal perbedaan anatomis pria dan wanita, anak menaruh perhatian besar terhadap alat kelaminnya sendiri maupun orang lain. Agar pengenalan terhadap jenis kelamin (sex) itu berjalan normal, maka orang tua perlu memperlakukan anaknya, baik dalam memberikan alat mainan, pakaian, maupun aspek lainnya sesuai dengan jenis kelamin anak.
f)   Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis. Keadaan jasmani anak sangat labil apabila dibandingkan dengan orang dewasa, anak cepat sekali merasakan perubahan suhu sehingga temperatur badannya mudah berubah. Perbedaan variasi makanan yang diberikan dapat mengubah kadar garam dan gula dalam darah dan air di dalam tubuh. Untuk mencapai kestabilan jasmaniah, bagi anak diperlukan waktu sampai usia 5 tahun. Dalam proses mencapai kestabilan jasmaniah ini, orangtua perlu memberikan perawatan yang intensif, baik menyangkut pemberian makanan yang bergizi maupun pemeliharaan kebersihan.



5
g)  Membentuk konsep-konsep (pengertian) sederhana kenyataan sosial dan alam. Pada mulanya dunia ini bagi anak merupakan suatu keadaan yang kompleks dan membingungkan. Lama kelamaan anak dapat mengamati benda-benda atau orang-orang disekitarnya. Perkembangan lebih lanjut, anak menemukan keteraturan dan dapat membentuk generalisasi (kesimpulan) dari berbagai benda yang pada umumnya mempunyai ciri yang sama. Anak belajar bahwa bayangan tertentu dengan suara tertentu yang nyaring memenuhi kebutuhannya disebut “orang”,”ibu” dan ”ayah”. Anak belajar bahwa benda-benda khusus dapat dikelompokkan dan diberi satu nama, seperti kucing, ayam, kambing, dan burung dapat disebut binatang. Untuk mencapai kemampuan tersebut (mengenal pengertian-pengertian) diperlukan kematangan sistem syaraf, pengalaman dan bimbingan dari orang dewasa.
h)  Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara dan orang lain. Anak mengadakan hubungan dengan orang-orang yang ada disekitarnya dengan menggunakan berbagai cara, yaitu isyarat, menirukan dan menggunakan bahasa. Cara yang diperoleh dalam belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang lain, sedikit banyaknya akan menentukan sikapnya di kemudian hari.
Apakah ia bersikap bersahabat, bersikap dingin, introvert, extrovert, dan sebagainya. Misalnya, apabila anak memperoleh pergaulan dengan orang tuanya itu menyenangkan, maka cenderung akan bersikap ramah dan ceria.
i)    Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk, yang berarti mengembangkan kata hati. Anak kecil dikuasai oleh hedonisme naif, dimana kenikmatan dianggapnya baik, sedangkan penderitaan dianggapnya buruk (hedonisme adalah aliran yang menyatakan bahwa manusia dalam hidupnya bertujuan mencari kenikmatan dan kebahagiaan).





          6
Apabila anak bertambah besar ia harus belajar pengertian tentang baik dan buruk, benar dan salah, sebab sebagai makhluk sosial (bermasyarakat), manusia tidak hanya memperhatikan kepentingan/kenikmatan sendiri saja, tetapi juga harus memperhatikan kepentingan/kenikmatan sendiri saja, tetapi juga harus memperhatikan kepentingan orang lain. Anak mengenal pengertian baik dan buruk, benar dan salah ini dipengaruhi oleh pendidikan yang diperolehnya. Pada mulanya, anak belajar apa yang dilarang itu berarti buruk atau salah dan apa yang diperbolehkan itu berarti baik dan benar. Pengalaman ini merupakan permulaan pembentukkan kata hati anak. Perkembangan selanjutnya terjadi melalui nasihat, bimbingan, buku-buku bacaan dan analisis pikiran sendiri. Sesuatu yang penting dalam mengembangkan kata hati anak adalah suri teladan dari orang tua dan bimbingannya. Hal ini lebih baik daripada penggunaan hukuman dan ganjaran, meskipun dalam situasi tertentu masih tetap diperlukan.
2.    Tugas-Tugas Perkembangan Pada Masa Sekolah (6,0-12,0) :
a)      Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan. Pada masa sekolah anak sudah sampai pada taraf penguasaan otot, sehingga sudah dapat berbaris, melakukan senam pagi dan permainan-permainan ringan, seperti sepak bola, loncat tali, berenang, dan sebagainya.
b)       Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis. Hakikat tugas ini ialah (1) mengembangkan kebiasaan untuk memelihara badan, meliputi kebersihan, keselamatan diri, dan kesehatan; (2) mengembangkan sikap positif terhadap jenis kelaminnya (pria atau wanita) dan juga menerima dirinya (baik rupa wajahnya maupun postur tubuhnya) secara positif.
c)      Belajar bergaul dengan teman-teman sebaya. Yakni belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan .Pergaulan anak di Indonesia atau teman sebayanya mungkin diwarnai perasaan senang, karena secara kebetulan temannya berbudi baik, tetapi mungkin juga diwarnai oleh perasaan tidak senang karena teman sepermainannya suka mengganggu atau nakal.
d)     Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya. Dari segi permainan umpamanya akan tampak bahwa anak laki-laki tidak akan memperbolehkan anak perempuan mengikuti permainannya yang khas laki-laki, seperti main kelereng, main bola, dan layang-layang.
7
e)      Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung. Salah satu sebab masa usia 6-12 tahun disebut masa sekolah karena pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohaninya sudah cukup matang untuk menerima pengajaran. Untuk dapat hidup dalam masyarakat yang berbudaya, paling sedikit anak harus tamat sekolah dasar (SD), karena dari sekolah dasar anak sudah memperoleh keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung.
f)       Belajar mengembangkan konsep sehari-hari. Apabila kita telah melihat sesuatu, mendengar, mengecap, mencium, dan mengalami, tinggallah suatu ingatan pada kita. Ingatan mengenai pengamatan yang telah lalu itu disebut konsep (tanggapan). Demikianlah kita mempunyai tanggapan tentang ayah, ibu, rumah, pakaian, buku, sekolah, dan juga mengenai gerak-gerik yang dilakukan, seperti berbicara, berjalan, berenang, dan menulis. Bertambahnya pengalaman akan menambah perbendaharaan konsep pada anak. Tugas sekolah yaitu menanamkan konsep-konsep yang jelas dan benar. Konsep-konsep itu meliputi kaidah-kaidah atau ajaran agama (moral), ilmu pengetahuan, adat istiadat, dan sebagainya. Untuk mengembangkan tugas perkembangan anak ini, maka guru dalam mendidik/mengajar di sekolah sebaiknya memberikan bimbingan kepada anak untuk:
1)      Banyak melihat, mendengar, dan mengalami sebanyak-banyaknya tentang sesuatu yang bermanfaat untuk peningkatan ilmu dan kehidupan bermasyarakat.
2)      Banyak membaca buku-buku atau media cetak lainnya. Semakin dipahami konsep-konsep tersebut, semakin mudah untuk memperbincangkannya dan semakin mudah pula bagi anak untuk mempergunakannya pada waktu berpikir.
g)      Mengembangkan kata hati. Hakikat tugas ini ialah mengembangkan sikap dan perasaan yang berhubungan dengan norma-norma agama. Hal ini menyangkut penerimaan dan penghargaan terhadap peraturan agama (moral) disertai dengan perasaan senang untuk melakukan atau tidak melakukannya. Tugas perkembangan ini berhubungan dengan masalah benar-salah, boleh-tidak boleh, seperti jujur itu baik, bohong itu buruk, dan sebagainya.
h)      Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi.

8
 Hakikat tugas ini ialah untuk dapat menjadi orang yang berdiri sendiri, dalam arti dapat membuat rencana, berbuat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang bebas dari pengaruh orang tua dan orang lain.
i)        Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial dan lembaga-lembaga. Hakikat tugas ini ialah mengembangkan sikap sosial yang demokratis dan menghargai hak orang lain. Umpamanya, mengembangkan sikap tolong-menolong, sikap tenggang rasa, mau bekerjasama dengan orang lain, toleransi terhadap pendapat orang lain dan menghargai hak orang lain.
3.    Tugas-Tugas Perkembangan Pada Masa Remaja (12,0-18,0) :
a)         Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya. Hakikat tugas, contohnya : Belajar melihat kenyataan, anak wanita sebagai wanita, dan anak pria sebagai pria, berkembang menjadi orang dewasa di antara orang dewasa lainnya, belajar bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dan, belajar memimpin orang lain tanpa mendominasinya.
b)        Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita. Hakikat tugasnya yaitu  Remaja dapat menerima dan belajar peran sosial sebagai pria atau wanita dewasa yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.
c)        Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif. Hakikat tugasnya yaitu Bertujuan agak remaja merasa bangga, atau bersikap toleran terhadap fisiknya, menggunakan dan meemlihara fisiknya secara efektif, dan merasa puas dengan fisiknya tersebut.
d)       Mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya.
Hakikat tugasnya antara lain yaitu Membebaskan diri dari sikap dan perilaku yang kekanak-kanakan atau bergantung pada orangtua, Mengembangkan afeksi (cinta kasih) kepada orangtua, Mengembangkan sikap respek terhadap orang dewasa lainnya tanpa bergantung kepadanya.
e)        Mencapai jaminan kemandirian ekonomi. Hakikat tugasnya Ber tujuannya agar remaja merasa mampu menciptakan suatu kehidupan (mata pencaharian). Penting buat remaja pria dan tidak terlalu penting buat remaja wanita



     9
f)         Memilih dan mempersiapkan karier (pekerjaan). Hakikat tugasnya antara lain yaitu Memilih suatu  pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya, dan mempersiapkan diri memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki pekerjaan tersebut.
g)        Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga. Hakikat tugasnya yaitu mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga, dan memiliki anak. Memperoleh pengetahuan yaang tepat tentang pengelolaan keluarga dan pemeliharaan anak.
h)        Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara. Hakikat tugasnya antara lain yaitu Mengembangkan konsep-konsep hukum, pemerintahan, ekonomi, politik, geografi, hakikat manusia, dan lembaga-lembaga sosial yang cocok dengan dunia modern, dan mengembangkan keterampilan berbahasa dan kemampuan nalar (berfikir) yang penting bagi upaya memecahkan masalah-masalah secara efektif.
i)          Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial. Hakikat tugasnya yaitu Berpartisipasi sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab sebagai masyarakat, dan Memperhitungkan nilai-nilai sosial dalam tingkah laku dirinya.
j)          Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam bertingkah laku. Hakikat tugasnya antara lain yaitu Membentuk seperangkat nilai yang mungkin dapat direalisasikan, Mengembangkan kesadaran untuk merealisasikan nilai-nilai, Mengembangkan kesadaran akan hubungannya dengan sesama manusia dan juga alam sebagai lingkungan tempat tinggalnya, dan Memahami gambaran hidup dan nilai-nilai yang dimilikinya, sehingga dapat hidup selaras (harmoni) dengan orang lain.
k)        Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hakikat tugasnya antara lain yaitu Mencapai kematangan sikap, kebiasaan dan pengembangan wawasan dalam mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, baik pribadi maupun sosial.






10
2.4          Aplikasi Tugas Perkembangan
a) Aplikasi perkembangan pada usia Bayi dan Kanak-Kanak (0,0-6,0) :  
1)      Belajar berjalan terjadi pada umur antara 9 sampai 15, dapat di aplikasikan dengan menggunakan alat bantu jalan seperti roda gledegan. Anak tersebut di taro ditempat tersebut lalu dengan bebas anak dapat berjalan kemana saja atau kita bisa menuntunnya sementara dengan memegang tangannya.
2)      Belajar memakan makanan padat. Dapat di aplikasikan dengan diberikannya biskuit kepada anak tersebut lalu disuapin sedikit demi sedikit.
3)      Belajar berbicara. Bayi mulai belajar bicara dengan mengeluarkan macam-macam suara yang tidak berarti (meraban). Lalu diaplikasikan dengan menyebutkan nama atau kata-kata yang teratur sampai anak belajar menghubungkan suara-suara tertentu dengan benda atau situasi tertentu.
4)      Belajar buang air kecil dan buang air besar. Dapat diaplikasikan dengan melakukan pembiasaan. Seperti setiap kali mau buang air, bawalah anak ke WC tanpa banyak memberikan penerangan kepadanya.
5)      Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin. Dapat diaplikasikan dengan memberikan mainan dan pakaian sesuai jenis kelamin anak. Seperti pada anak laki-laki diberikan mainan robot-robotan, bola, dan pakaiannya berupa kaos dan celana. Perempuan diberikan mainan boneka, dan pakaiannya baju dan rok.
b)      Aplikasi perkembangan pada masa sekolah (6,0-12,0) :
1)      Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan. Diaplikasikan dengan melakukan senam pagi dan permainan-permainan ringan, seperti sepak bola, loncat tali, berenang, dan sebagainya.
2)      Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis. Di aplikasikan dengan mengembangkan kebiasaan untuk memelihara badan, meliputi kebersihan, keselamatan diri, dan kesehatan.


11
3)      Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya. Di aplikasikan melalui permainan umpamanya akan tampak bahwa anak laki-laki tidak akan memperbolehkan anak perempuan mengikuti permainannya yang khas laki-laki, seperti main kelereng, main bola, dan layang-layang.
4)      Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung. Di aplikasikan dengan diberikan buku-buku, seperti buku dongeng, ilmu pengetahuan atau gambar-gambar yang menarik dan diberikan pengajaran tentang bagaimana menulis, membaca dan berhitung.
5)      Belajar mengembangkan konsep sehari-hari. Diaplikasikan sebagai guru atau orang tua yang mencontohkan kepada anaknya, seperti sebelum makan untuk berdoa dan setelah makan mengucap syukur, lalu piring kotornya diletakkan ditempat cuci piring. Banyak membaca buku-buku atau media cetak lainnya. Semakin dipahami konsep-konsep tersebut, semakin mudah untuk memperbincangkannya dan semakin mudah pula bagi anak untuk mempergunakannya pada waktu berpikir.
c)      Aplikasi perkembangan pada masa remaja (12,0-18,0) :
1)      Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya. Aplikasinya, dengan adanya seorang temen yang kemudian menjadi orang yang dapat mengerti, memahami dan belajar menerima kenyataan.
2)      Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita. Aplikasinya, dengan berorganisasi lalu remaja tersebut dapat berperan dimasyarakat.
3)      Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif. Aplikasinya, dengan membangun pribadi yang sehat, seperti berolahraga di pagi hari. Menekuni salah satu bidang olahraga yang disukai, seperti olahraga basket.
4)      Mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya.
Aplikasinya, membiarkan remaja tersebut berpendapat, seperti memilih hubungan hidup, dan ikut serta gotong royong masyarakat. Memilih dan mempersiapkan karier (pekerjaan). Aplikasinya, mencari pekerjaan di salah satu industri untuk kelangsungan hidupnya.



12
5)      Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga. Diaplikasikan, memilih pasangan hidup dan pengelolaan keluarga dan pemeliharaan anak. Dan Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial. Aplikasinya, turut hadir jika ada masyarakat sedang melakukan gotong royong.
6)      Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam bertingkah laku. Dapat diaplikasikan, sebagai orangtua dapat mencontohkan tingkah laku yang baik kepada anak dan istrinya. Seperti membantu ibunya memasak, membantu bapaknya bertani. Dan juga Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Aplikasinya, pembiasaan shalat berjamaah, sering melakukan pengajian, pergi ke masjid/mushola.
7)      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan reproduksi, bahaya penyimpangan seksual, dan penyalahgunaan narkotika. Membantu siswa mengembangkan sikap apresiatif terhadap kondisi dirinya. Dan juga untuk Melatih peserta didik mengembangkan kemampuan bertahan dalam kondisi sulit dan penuh godaan.



















13
BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan
Menurut Havighurst (1953). Mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dipenuhi. Secara garis besar Havighurst menengaskan bahwa tugas-tugas perkembangan yang dilakukan seseorang pada masa kehidupan tertentu adalah disesuaikan dengan norma-norma sosial serta norma-norma kebudayaan.Tugas-tugas perkembangan dituntut adanya korelasi antara potensi diri dan pendidikan yang diterima anak, serta norma-norma sosial budaya yang ada. Dan Menurut Elizabeth B. Hurlock (1978) tugas perkembangan yaitu belajar menyesuaikan diri terhadap pola - pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita - cita yang tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai belajar memantapkan identitas diri.
Oleh karena harus adanya Tuntutan masyarakat secara cultural yaitu dengan cara mengajari seorang anak bagaimana caranya belajar membaca, belajar menulis, belajar berhitung dan cara berorganisasi dalam masyarakat dan dengan adanya Dorongan dan cita-cita individu itu sendiri misalnya bagaimana cara memilih suatu pekerjaan dan memilih pasangan hidup dan dengan itu kita semua harus mengerti dan memahami norma-norma agama seperti halnya taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berbuat baik kepada sesama manusia.
Namun pada umumnya kemunculan tugas- tugas perkembangan itu disebabkan oleh adanya ketiga kekuatan tersebut secara serempak.Pada manusia perkembangan fisik dan mental setiap kali mencapai kematangan terjadi pada waktu dan tempo yang berbeda. Ada yang cepat dan ada yang lambat. Setiap individu yang normal akan mengalami tahapan atau fase perkembangan, hal ini berarti bahwa dalam menjalani hidupnya yang normal dan berusia panjang individu akan mengalami fase-fase perkembangan : bayi, kanak-kanak, anak, remaja, dewasa.



14
3.2   Saran
 Setelah membaca makalah ini kita diharapkan untuk bisa memahami dan dapat memberikan wawasan kepada kita semua tentang Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan dan Tugas-Tugas Perkembangan pada setiap Fase perkembangan dan Aplikasi perkembangannya sehingga kita dapat mengetahui dan memahami perkembangan dan pertumbuhan individu itu sendiri.


                                                     














15
DAFTAR  PUSTAKA

            Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni.2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES Press
            Soeparwoto, dkk.2006.Psikologi Perkembangan.Semarang: UNNES Press
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.


















16
Share:

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Seacrh By Labels

Contact Form

Name

Email *

Message *