KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,
karena dengan karunia dan ridhonya penvusunan PROGRAM KERJA LABORATORIUM
KOMPUTER MTs Al-Islam Bantur tahun pembelajaran 2014 - 2015 dapat diselesaikan.
Program laboratorium MTs Al-Islam Bantur tahun
pembelajaran 2014 - 2015 disusun melalui upaya-upaya optimal untuk dijadikan
pedoman pelaksanaan dalarn berbagai kegiatan praktikum di laboratorium komputer
MTs Al-Islam Bantur. Berorientase pada peningkatan hasil pendidikan pada masa
sekarang dan masa akan datang.
Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan ucapan
terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga
penyusunan Program Labiratorium Komputer MTs Al-Islam Bantur tahun pembelajaran
2014 – 2015 ini terwujud. Demi terealisasinya segala bentuk kegiatan seperti dalam
program kerja laboratorium KOMPUTER ini, kami sangat mengharapkan perhatian,
dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, kiranya kami dapat merealisasikan
program-program yang kami susun.
Kami yakin bahwa peningkatan kualitas pendidikan
dilingkungan MTs Al-Islam Bantur akan dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan
efisien.
BAB I
PENDAHULUAN
Sekolah adalah lembaga pendidikan yang mempunyai peran
dan tugas untuk membentuk intelektual, kepribadian, dan perilaku peserta didik
dan secara umum untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Peran dan tugas sekolah ini bisa berjalan dengan baik
bila mendapat dukungan dari berbagai pihak dan sektor, salah satu dari sektor
sarana dan prasarana. Sektor sarana dan prasarana memiliki peran yang cukup
besar dalam menunjang kegatan prasekolah, dan dalam menciptakan kondisi suasana
yang kondusif yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh
komponen sekolah khususnva kepada peserta didik.
Suasana dan kondisi yang kodusif, aman dan nyaman ini
sangat dibutuhkan untuk menciptakan mutu sekolah yang baik dan sekolah yang
unggul, sesuai dengan tuntunan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dan KBK
(Kurikulum Berbasis kompetisi ).
Keberhasilan untuk menciptakan mutu sekolah yang baik
dan sekolah yang unggul tentu saja tidak terlepas dari sektor sarana dan
prasarana.
Agar sektor sarana prasarana di LAB. KOMPUTER bisa berjalan sesuai
dengan yang diharapkan maka perlu disusun program sarana prasarana sebagai
pedoman pelaksanaan.
1.1 DASAR PEMIKIRAN
Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia
seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, pembangunan yang
dilaksanakan pemerintah bersama dengan rakyat mencakup pendidikan politik,
ekonomi dan social budaya dalam rangka menyikapi gejala sosial yang dilematis
terutama yang berkaitan dengan :
1.
Persoalan nasional yang
dihadapi masyarakat Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya
manusia yakni sistem pendidikan yang selama ini diterapkan saat ini belum dapat
menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing sejalan dengan
perkembangan peradaban dunia. Sementara perkembangan peradaban dunia dewasa ini
ditandai dengan munculnya era globalisasi, yaitu masa yang penuh harapan,
tantangan dan ketidak pastian serta persaingan yang semakin ketat dalam bidang
ekonomi dan pemanfaatan teknologi, sedangkan untuk dapat bertahan dan mampu memenangkan
persaingan tersebut di perlukan sumber daya manusia yang handal.
2.
Permasalahan yang dihadapi
pemerintah dan rakyat Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia
Indonesia.
Berkaitan dengan permasalahan tersebut, salah satu langkah yang
dapat ditempuh dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi adalah melalui penyelenggaraan
pendidikan yang efisien dan efektif, diantaranya memberikan pendidikan dan
pelatihan praktek di laboratorium bagi siswa MTs Al-Islam Bantur.
Pembelajaran komputer berarti mempelajari gejala-gejala
(fenomena) yang terjadi pada teknologi yang berkembang pada saat ini , dalam
belajar Komputer diharapkan siswa tidak hanya sekedar menghapalkan fakta-fakta,
konsep-konsep, prinisp-prinisp dan teori tetapi juga harus mengembangkan
kompetensinya. Pengetahuan yang hanya sekedar dihapalkan akan cepat hilang dari
ingatan akan tetapi dengan kompetensi yang diperoleh diharapkan akan menjadi
keterampilan hidup yang dapat dimanfaatkan sepanjang masa.
Dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran di laboratorium Komputer,
diharapkan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Komputer menjadi lebih
bermakna. Sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan pada akhirnya
materi serta hasilnya dapat langsung digunakan secara praktis dalam kehidupan
masyarakat.
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN
1. Maksud
Maksud menyusun program kerja laboratorium Komputer MTs
Al-Islam Bantur tahun pembelajaran 2014 - 2015 adalah :
a. Memberikan
gambaran secara garis besar mengenai program pembelajaran di laboratorium
Komputer MTs Al-Islam Bantur tahun pembelajaran 2014 - 2015.
b. Memberikan
gambaran mengenai sasaran yang harus dicapai dalam proses pembelajaran dengan
dukungan anggaran yang disediakan.
c. Agar program laboratorium Komputer sejalan
dengan program kurikulum, program sekolah dan program pemerintah serta
kebutuhan masyarakat.
d. Agar setiap unsur sekolah mengetahui dan
memahami segala kegiatan pembelajaran segala kegiatan pembelajaran di
laboratorium Komputer yang akan dilaksanakan pada tahun 2014-2015.
e. Untuk dijadikan pegangan dan
pedoman bagi setiap personil yang mengelola laboratorium Komputer tentang tugas
yang harus dilaksanakan dalam rangka menunjang proses pembelajaran di
laboratorium Komputer.
2. Tujuan
Tujuan penyusunan program kerja laboratorium Komputer MTs
Al-Islam Bantur tahun pembelajaran 2014 - 2015, adalah :
1. Memberikan pedoman dan arahan
yang baku kepada semua personil yang mengelola laboratorium Komputer MTs
Al-Islam Bantur berkaitan dengan peningkatan pembelajaran di laboratorium.
2. Memperlancar dan meningkatkan
mekanisme kinerja setiap personil yang mengelola laboratorium Komputer MTs
Al-Islam Bantur, demi terselenggaranya proses pembelajaran secara efisien guna
memperoleh hasil yang optimal
3. Memberikan pelayanan yang optimal
kepada guru dan siswa guna peningkatan kualitas pendidikan di MTs Al-Islam
Bantur sesuai dengan Moto juang, Visi dan Misi yang telah dirumuskan sekolah,
yaitu :
VISI
“TERBENTUKNYA GENERASI UNGGUL DALAM PRESTASI, BERWAWASAN
IMTAQ DAN IPTEK BERPIJAK PADA AJARAN ISLAM”
MISI
1.
Meningkatkan standard kualitas
lulusan agar menghasilkan output yang siap berkompetensi.
2.
Meningkatkan dan mengembangkan
isi / kurikulum.
3.
Meningkatkan layanan
pembelajaran dan bimbingan secara kreatif dan inovatif.
4.
Meningkatkan kualitas tenaga
pendidik dan kependidikan.
5.
Mengembangkan tersedianya
sarana pendidikan dan media pembelajaran yang efektif dan efisien.
6.
Meningkatkan pengelolaan SDM
yang mampu memberikan layanan pendidikan secara proesional dan bertanggung
jawab.
7.
Meningkatkan penggalangan
sumber dan pembiayaan pendidikan
8.
Mengembangkan system penilaian
yang standar
BAB II
PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMPUTER
MTs AL-ISLAM BANTUR
TAHUN PEMBELAJARAN 2014 -
2015
Program kerja laboratorium Komputer MTs Al-Islam Bantur tahun
pembelajaran 2014 – 2015 meliputi : Pengorganisasian dan Inventarisir.
1.
Program Kerja Laboratorium Komputer di MTs Al-Islam Bantur
NO.
|
JENIS KEGIATAN
|
SASARAN YANG INGIN
DICAPAI
|
WAKTU
|
1.
|
Penyusunan Pedoman
dan Program Kerja
|
Dalarn pelaksanaan kegiatan dapat terencana an sistematis.
|
Bulan Juli 2014
|
2.
|
Penyusunan Jadwal Penggunaan Laboratorium Komputer
|
Dalam pengunaan lab. Dapat
optimal untuk setiap guru Komputer dalam pelaksanaan
praktek
|
Bulan Juli 2014
|
3.
|
Pendataan Inventaris Laboratorium
Komputer
|
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai
informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
|
Bulan Juli - Agustus 2014
|
4.
|
Perawatan Komputer
|
Perawatan ini meliputi :
1. Kebersihan Lab.
2. Kebersihan Komputer
secara umum
3. Pengecekan Hardware dan
Sofware
4. Perbaikan
|
Setiap minggu
|
5.
|
Pembuatan Laporan
|
Satu kali setiap tahun
|
Daftar Barang dan
Bahan yang diperlukan
Agar seluruh program yang dibuat dapat terlaksana,
tentunya diperlukan beberapa pendukung teknis baik itu sarana ataupun prasarana
yang dibutuhkan oleh laboran yang belum tersedia atau yang diperlukan oleh
petugas lab komputer, diantaranya sebagai berikut :
1 Infocus projector
2 Struktur Organisasi ukuran A 1 1 Buah
3 Tata Tertib ukuran A I 1 Buah
2.
Jadwal Penggunaan lab. Komputer
Jadwal Penggunaan ini dibuat sebagai acuan bagi guru
pengajar untuk mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan kelangsungan
proses belajar mengajar di laboratorium Komputer, dan untuk merawat alat dan
bahan yang ada di laboratorium Komputer. (Untuk lebih lengkapnya ada di dalam
lampiran).
3.
Pengorganisasian
Pengorganisasian ini adalah bagan yang menggambarkan
hubungan antara komponen yang terlibat dalam pengorganisasian laboratorium
Komputer. (Adapun gambar secara lengkap susunan bagan terlampir).
4.
Inventaris
Inventaris adalah pengelola data tentang barang yang ada
laboratorium Komputer, dari jumlah alat dan bahan secara lengkap. (Daftar
inventaris terlampir).
5.
Tata Tertib (terlampir)
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT,
karena dengan karunia dan ridhonya penyusunan PROGRAM LABORATORIUM KOMPUTER MTs
Al-Islam Bantur tahun pembelajaran 2014 - 2015 dapat diselesaikan.
Dan akhirnya demikianlah program kerja
laboratorium komputer MTs Al-Islam Bantur tahun pelajaran 2014-2015 ini disusun
untuk dapat dilaksanakan dan dijadikan acuan guna tercapainya mutu pendidikan
di MTs Al-Islam Bantur. Amin.
Mengetahui, Malang,
14 Juli 2014
Kepala MTs Al-Islam, Kepala
Lab. Komputer
Yari Pianto, S.Pd.I Hj.
Sumarmi, S.Pd
JADWAL PRAKTIKUM KOMPUTER
MTs AL-ISLAM BANTUR
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
![]() |
NO.
|
HARI
|
JAM
KE
|
KELAS
|
NAMA
GURU
|
KET.
|
1
|
Selasa
|
1-2
|
IXA
|
MAHMUDI
|
|
2
|
Rabu
|
5-6
|
IX-B
|
MAHMUDI
|
|
3
|
Kamis
|
1-2
7-8
|
VIII B
VIII A
|
MAHMUDI
|
Malang,
14 Juli 2014
Mengetahui
Kepala Madrasah Kepala
Lab. Komputer,
Yari Prianto, S.Pd.I Hj. Sumarmi, S.Pd
DAFTAR INVENTARIS
LABORATORIUM
KOMPUTER
![]() |
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
![]() |
No.
|
Nama Barang
|
Model/Merek
|
Tahun Pembelian
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|
Baik
|
Rusak
|
|||||
1
|
Baterai
|
ICA
|
2012
|
6
|
3
|
3
|
2
|
Bendera Merah Putih
|
2013
|
1
|
1
|
0
|
|
4
|
CPU
|
Dell
|
2013
|
10
|
10
|
0
|
5
|
CPU
|
Procom
|
2012
|
8
|
6
|
2
|
7
|
Gambar Pancasila, Presiden dan Wapres
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
|
8
|
Keyboard
|
Dell
|
2013
|
16
|
16
|
0
|
9
|
Kipas Angin
|
Panasonic
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
10
|
Kipas Angin
|
Matsunichi
|
2012
|
2
|
2
|
0
|
11
|
Lampu
|
Philip
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
12
|
Meja Guru
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
|
13
|
Meja Komputer
|
2010
|
18
|
18
|
0
|
|
14
|
Mixer Sound
|
2013
|
1
|
1
|
0
|
|
15
|
Monitor Tabung
|
Vision
|
2009
|
10
|
10
|
0
|
16
|
Monitor
|
Procom
|
2011
|
3
|
3
|
0
|
17
|
Monitor
|
Philips
|
2012
|
2
|
2
|
0
|
18
|
Monitor
|
Inforce
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
19
|
Mouse
|
Eyota
|
2013
|
16
|
16
|
0
|
20
|
Papan Struktur
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
|
21
|
Papan Tulis
|
2009
|
1
|
1
|
0
|
|
22
|
Printer
|
Canon
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
23
|
Proyektor
|
Epson
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
24
|
Salon Aktif
|
Salsa
|
2010
|
1
|
1
|
0
|
26
|
Sapu
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
|
27
|
Slide
|
Focus
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
28
|
Stavol
|
El-Sonic
|
2011
|
8
|
5
|
3
|
29
|
Stavol
|
Star X
|
2012
|
5
|
4
|
1
|
30
|
Stavol
|
Race
|
2010
|
1
|
1
|
0
|
31
|
Tempat Sampah
|
2011
|
1
|
1
|
0
|
|
32
|
Vacum Cleaner
|
Denpoo
|
2012
|
1
|
1
|
0
|
33
|
||||||
34
|
Malang,
14 Juli 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah, Kepala
Lab. Komputer,
Yari Prianto, S.Pd.I Hj. Sumarmi, S.Pd
TATA
TERTIB GURU DALAM PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER
1.
Sebelum
praktikum guru menyiapkan peralatan yang akan digunakan siswa
2.
Guru Menyiapkan daftar hadir siswa
yang akan mengikuti praktikum
3.
Mengarahkan dan membagi tugas
kepada siswa sebelum praktikum dimulai
4.
Mengarahkan siswa untuk menggunakan
pengaman praktikum dan menjaga/membersihkan alat serta ruangan laboratorium
sebelum dan setelah digunakan
5.
Memberikan alat praktikum kepada
siswa sesuai dengan kelompoknya
6.
Membimbing/mengawasi jalannya
praktikum
7.
Menjawab/mengatasi semua kesulitan
siswa selama praktikum
8.
Setelah praktikum selesai guru
mendata alat-alat yang telah digunakan
9.
Mengembalikan alat-alat praktikum
yang telah digunakan siswa sesuai dengan tempatnya
10.
Guru bertanggung jawab dalam
pengumpulan hasil laporan praktikum siswa dan memberikan penilaian terhadap
hasil praktikum siswa
Malang, 14 Juli 2014
Mengetahui,
Kepala MTs Al-Islam Bantur Kepala
Lab Komputer,
Yari Prianto, S.Pd.I Hj. Sumarmi, S.Pd
TATA
TERTIB SISWA PRAKTIKUM
1.
Berpakaian Rapi dan Sopan
2.
Masuk Laboratorium tepat waktu
3.
Sesuai Jadwal yang berlaku
4.
Dilarang
memakai alas kaki (Sepatu atau Sandal)
5.
Dilarang membawa makanan atau
minuman dalam bentuk apapun
6.
Dilarang membawa
tas ke dalam Laboratorium
7.
Dilarang memindahkan alat praktikum
(Mouse, Keyboard Dll. Tanpa ijin Guru
pendamping)
8.
Membawa perlengkapan masing-masing
(Buku, Balpoint, Dll)
9.
Menjaga
Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan Laboratorium
10.
Matikan (Off
kan) computer sesuai dengan procedure
11.
Merapikan
kembali Kursi dan Alat Praktikum (computer) setelah selesai.
12.
Dilarang menunggu didalam
Laboratorium
13.
Keluar Laboratorium tepat waktu
dengan tertib.
Malang, 14 Juli
2014
Mengetahui,
Kepala MTs Al-Islam Kepala Lab Komputer
Yari Prianto, S.Pd.I Hj. Sumarmi, S.Pd
0 komentar:
Post a Comment